Ferrari memperkenalkansupercarterbarunya, yang diberi label 458 Italia. Mobil ininantinyaakanmenggantikanposisi F430. Dari aspekmesin, desain, aerodinamika, pengendalian, instrumentasi, danergonomis, 458 total baru. Lebihmenariklagi, teknologimesin paling canggihdenganefisiensikerjaterbaikdariseluruhproduk yang pernahdibuatoleh Ferrari.
Prestasi lain yang ditoreh Ferrari padamobiliniadalahkonsumsibahanbakar yang lebihirit. Terakhirini, tujuannya agar bisamencapaistandar CO2. Padahal, kapasitasdantenaga yang dihasilkanmesinlebihbesardibandingkandenganpendahulunya, F340.
Para pengamatmenilai, 458 Italiamerupakanlompatanbesar Ferrari dalambidangteknologiotomotif, terutamauntukmendapatkanperformadanstandaremisi gas buangdalamsejarahperusahaanmobilkebanggaanItaliatersebut.
Sayapaeroelastis Penampilan 458 Italiasangatberbedadenganpendahulunya, dinilailebihkompakdanpraktis. Dimensinya: panjang 4.527 mm, lebar 1.937 mm, dantinggi 1.213 mm. Jaraksumburoda 2.650 mm.
Hidungmobildilengkapidengansayapkecilaeroelastis yang menghasilkandownforce (dayacengkeram), ketikamobildikebuthabis. Bentuksayapkeciliniakanberubahsesuaidengankecepatanmobil. Padakecepatan, aliranudarake radiator dikurangi, sekaligusmemperkecilhambatanangin. Dengancaraini, dayacengkerambisadihasilkansampai 140 kg padakecepatan 200 km/jam.
Mesin V8 inimerupakanprodukpertama Ferrari yang menggunakansisteminjeksilangsung. Mesininidipasangditengah-belakang. Ciri lain mesin, menggunakan piston kompresitinggi. Gesekanpadajeroannyajugarendah. Inilah yang membuatmesin Ferrari terbaruiniirit, tetapiresponsifdibandingkan F340.
Untukmemindahkantenagamesinkeroda, digunakantransmisi 7 kecepatan plus koplingganda (dual-clutch). Transmisiinisamadengan yang digunakanpada California.
Menurut Ferrari, koplinggandadaninjeksilangsungmenurunkanemisi CO2 menjadi 320 g/km. Konsumsibahanbakar, 13,7 liter/100 km (7,2 km/liter). Hal inijugadiperolehberkatturunnyabobotmenjadi 1.380 kg karenamenggunakansasisdari aluminium. Distribusi 42 didepandan 58 dibelakang.
Fiturlainnyaadalahsistemkontroltraksidan E-Differentialdan F1-Trac. Denganteknologi, gejala spin bisadicegah, menjadikan Ferrari benar-benarmantapdiajakberakselerasi. Untuksuspensi, depanpakaidouble wishbonedanbelakangmulti-link.
Kontroldisetir Fiturinovatifdandinilaisangatmenarikadalahbentuksetirdandasbor. Dalamhalini, Ferrari memanfaatkanteknologidanpengalamannyadi F1. Hasilnya, sistemkontrolmobilbekerjadengancepatdanpresisi. Dijelaskanpula, keputusan Ferrari menggunakansistemkontroldisetirberdasarkanmasukandaripebalap F1 mereka yang paling sukses, Michael Schumacher.
Dijelaskanpula, segmenkonsumen 458 Italiaberbedadengan California. Bila California diciptakanbagimereka yang menginginkansportcarserbaguna, 458 Italiabagimereka yang cumasekali-kaliinginmengujikemampuannyadi trek danlebih sering sebagaimobilharian.
Kendatisudahdiperkenalkankepada media, 458 Italiaakanditampilkanpertamakalididepanpublikdi Frankfurt Auto Show September mendatang. Sementaraitu, penjualanbarudilakukanawalpertengahantahundepan.
0 comments:
Post a Comment